Ledakkan Income Bisnis Anda melalui Video Marketing

Blog

TokoAndalan.com ~ Memang belakangan ini ketika mengunjungi YouTube dan main-main di media sosial, sering kita temui promo atau kampanye berbentuk video yang bermacam-macam metode variasi. Jika dicermati lebih jauh pembuat video tersebut bukan hanya perusahaan besar, tetapi juga beberapa startup ikut memanfaatkan video marketing ini bahkan sampai mengeluarkan uang untuk exposure yang lebih. Menariknya, video-video ini bukanlah sekadar iklan biasa yang berisikan kalimat “yuk beli produk ini” dalam bentuk audio visual. Rata-rata video ini menangkap perhatian penontonnya dengan sebuah cerita atau narasi tertentu terlebih dahulu, baru memperkenalkan produk mereka di tengah atau akhir video. Meskipun jarang mengonsumsi iklan, pasti kita tertarik dan mampu menonton beberapa video semacam itu sampai habis.

Memang dengan adanya YouTube, pembuat video seperti ini tidak perlu lagi membayar biaya iklan televisi agar bisa ditonton. Tapi bagaimanapun, sumber daya yang diperlukan untuk membuat video tentu tidak sedikit. Video Marketing adalah sebuah metode baru dalam Online Marketing dengan memanfaatkan media Video. Video Marketing adalah opsi terbaik untuk online marketing. Karena dengan Video Marketing selain terkonsep dan menarik, Video Marketing dapat menampilkan gambar dan audio secara bersamaan dan memiliki dampak positif bagi yang melihat Video tersebut. Selain itu Video Marketing memiliki keunggulan tambahan yaitu Video Marketing SEO, kita dapat dengan tepat sasaran menentukan siapa audience kita tentunya dengan bantuan Youtube dan optimasi SEO pada Youtube. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk Anda baik barang maupun jasa.

Adapaun kelebihan dari Video marketing yang buat secara umum adalah:

1.     Mengenalkan Merek atau Brand Produk Anda.

Perlu anda ketahui bahwa secara umum terdapat 2 tipe pemirsa saat berselancar di youtube, dailymotion dan penyedia uploading video yaitu yang mencari pengetahuan produk dan hanya mencari hiburan semata. Kelebihan video marketing mampu menggaet kedua tipe pemirsa tersebut sehingga meningkatkan posisi merek dan brand produk anda. Promosi Video marketing terbukti efektif digunakan untuk mengenalkan merek dan brand produk bisnis Anda. Memang kini mulai banyak pebisnis yang melakukan promosi melalui media sosial, seperti youtube, Twitter, Facebook, dailymotion dan lain-lainnya. Selain di jejaring sosial, Anda bisa menaruhnya di situs Anda agar pengunjung website Anda dapat menonnton video produk yang ditawarkan. Tujuan dari video marketing adalah agar lebih banyak lagi orang yang mengetahui produk bisnis Anda.

 

2.     Dapat Dilihat Kapanpun dan Dimanapun.

Kelebihan video marketing yang dapat diakses serta ditonton menggunakan ponsel gadget maupun perangkat deskstop menunjang kenyamanan saat menonton. Promosi bisnis dengan cara ini juga berperan untuk meluaskan target pasar dari bisnis Anda hingga tak terbatas. Seluruh dunia dapat melihat video marketing yang telah Anda buat, sehingga potensi jangkauan pasar Anda akan menjadi sangat besar dan luas. Kemudahan dalam mengakses internet kini menjadikan kesempatan untuk mengembangkan bisnis Anda ke kancah Internasional semakin mudah.

Video marketing adalah cara yang tepat dalam mengenalkan produk yang Anda jual untuk tampil menonjol, dibanding dengan pendekatan marketing yang hanya menggunakan teks. Jika Anda membuat video marketing dengan benar, pendekatan ini akan membantu Anda untuk meraih konsumen baru serta membuat mereka menjadi konsumen yang loyal. Jadi buatlah video marketing yang bagus agar bisnis Anda cepat berkembang.

 

3.     Adanya Tambahan Suara dan Wajah.

Tidak semua pesan pada iklan tulisan Anda dapat tertangkap dengan jelas oleh konsumen. Kelebihan video marketing dengan adanya tambahan suara, wajah, dan bahasa tubuh orang yang menyampaikan akan membuat pesan iklan Anda lebih dapat dipercaya dan mengena sehingga lebih tahan lama dalam ingatan pemirsa. Video marketing ini juga berguna untuk menghindari dari serangan black campaign oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Anda dapat membuat video marketing berupa testimonial dari pelanggan setia Anda. Adapun Anda juga dapat membuat video produksi produk, company profil dan lain-nya. Agar calon konsumen percaya akan perusahaan dan kualitas bisnis Anda.

 

4.     Cepat Meraih Target dan Biaya Lebih Efisien.

Kelebihan video marketing lainnya adalah dapat meraih target konsumen dalam waktu yang singkat. Tentunya pemasaran ini dibantu dengan saluran distribusi yang tepat dan media social. Pemirsa yang tertarik dengan isi video Anda akan melakukan re-posting, re-tweeting, reblogging dan tagging, sehingga membantu Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan. Video yang baik tidak selalu memerlukan biaya yang banyak. Anda dapat membuat video hanya dengan menggunakan ponsel Anda. Kelebihan video marketing ini didukung pula oleh situs-situs seperti YouTube yang mampu memfasilitasi distribusi video dan melakukan analisa perilaku konsumen Anda dengan mudah tanpa perlu biaya tambahan.

 

5.     Memanfaatkan Waktu Menyenangkan Pelanggan Anda.

Pelanggan Anda menghabiskan sebagian besar waktu menonton video. Ini adalah salah satu kelebihan video marketing dengan cara memanfaatkan kebiasaan para pelanggan untuk memasarkan produk Anda. Sekitar 81% dari eksekutif pemasaran senior mempromosikan program mereka melalui kampanye video marketing online. Oleh karena itu, jika Anda ingin tetap setara dengan para pesaing, gunakan video marketing untuk memasarkan produk Anda. Iklan yang menarik dapat mengalihkan perhatian pelanggan, dan hal ini merupakan kelebihan video marketing. Iklan sederhana dalam sebuah video mampu membuat para penonton untuk melihatnya.

 

6.     Lebih Mudah Mendapatkan Pengunjung.

Kelebihan video marketing adalah mampu menyediakan informasi yang kompleks / rumit dengan jelas dan tepat dibandingkan hanya iklan tulisan saja. Mesin pencari seperti Google dan Yahoo telah merancang formula pencarian di mana video memainkan peranan penting. Dengan pemilihan kata kunci, tag, dan deskripsi, Anda akan dapat meraih peringkat tinggi di search engine. Dan salah satu kelebihan video marketing adalah memungkinkan Anda memasukan kata kunci yang panjang yang tidak dapat dilakukan pada konten selain video.

Tak diragukan lagi, masyarakat kita sudah sejak lama memiliki preferensi untuk menonton video, jika harus memilih antara video dengan ratusan teks. Mengapa? Video mampu memberikan kepada banyak orang informasi dengan cepat, dan singkat. Membaca ratusan deret teks di layar komputer akan membuat mata jengah yang disertai dengan sakit kepala, di mana hal itu akan membuat calon pelanggan kita mungkin jadi enggan membaca sales copy yang sudah kita rancang secara matang. Satu video simpel akan lebih mudah ‘dicerna’ dibandingkan teks yang panjang.

Memang salah satu kendala besar yang dialami bisnis di internet adalah user tidak bisa berhubungan langsung dengan anda. Anda hanyalah serangkaian kata-kata dalam halaman di komputer mereka. Setiap produk atau servis yang kita promosikan hanyalah kalimat dalam layar dan gambar-gambar yang ditunjukkan ke user.

Dijadikannya video sebagai alat pemasaran sebenarnya sudah sejak waktu yang lama. Anda bisa melihat sejak pertama ada media televisi, sebenarnya saat itulah dimulainya video marketing. Kita tahu video yang kita saksikan dan audio yang kita dengar terbukti mempengaruhi perilaku, kecenderungan dan bahkan mental kita. Sebagi contoh sebuah iklan televisi tentang sebuah produk bisa membuat orang yang tidak tahu menjadi tahu, tidak tertarik menjadi tertarik, tidak ingin membeli menjadi ingin membeli. Sampai saat ini iklan berupa 'video' di televisi masih menjadi media iklan paling banyak digunakan.

Jika anda sudah mengetahi kelebihan dari vedio marketing yang diperoleh tatkala kita mencoba mempromosikan produk kita dengan menggunakan video marketing, maka untuk mendapatkan ide yang bagus untuk dijadikan series video pesamaran yang kita lakukan, akan kami rangkum juga untuk anda. Memang, membuat video marketing juga tidak sembarangan kita lakukan. Sebaiknya bisa berkaca dari pemain-pemain besar dalam pembuatan video marketing yang bertujuan untuk meningkatkan nilai merek dan brand perusahaan kita. Adapun tema-tema yang dapat anda jadikan sebagai series video marketing usaha dan bisnis anda adalah sebagai berikut:

 

1.     Branded Films untuk Video Marketing.

Mungkin anda jadi bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan branded films? Hal ini anda utarakan mungkin karena belum banyak yang familiar dengan istilah ini. Branded films menurut kami adalah kolaborasi antara visi pembuat film dan value sebuah brand / perusahaan. Tujuan dari brand films adalah menceritakan core value dan visi besar brand anda. Branded films, berbeda dengan iklan televisi, menghindari hard selling dan lebih bertumpu pada kekuatan cerita dan visi pembuat film.

Jika anda memperhatikan iklan dari salah satu MP besar di Indonesia ada yang menggunakan metode ini. Dimana pada iklan bentuk film tersebut bagi siapapun pasti akan tertarik untuk menontonnya, karena memang tidak terkesan iklan bagi MP tersebut serta ada begitu banyak hikmah yang di tonjolkan dalam film pendek tersebut. Namun, sebenarnya jika kita perhatikan lebih mendalam, ada berupa ajakan dalam film pendek tersebut untuk kita bergabung sebagai seller dan juga sebagai konsumen.

 

2.     Web Series untuk Video Marketing.

Sama dengan branded films, web series juga bertumpu pada kekuatan cerita dan visi pembuat film. Perbedaannya terletak pada panjang cerita serta kemasan prodaknya. Branded films dibuat sebagai satu produk yang berdiri sendiri. Sementara web series terdiri dari beberapa episodes. Sensasi menontonnya pun tentu berbeda.

Masih mengambil contoh dari salah satu MP yang terbesar di Indonesia tersebut yang mana branded filmnya sampai saat ini masih berseries dan umumnya termasuk saya juga menunggu-nunggu film seperti apa lagi yang bakalan muncul untuk iklan MP tersebut. Sungguh, saya tidak merasa terganggung dengan iklan sesungguhnya yang di tonjolkan dalam film series tersebut. Saya yakin andapun demikian. Maka dari itu untuk membangun video marketing supaya dapat meledekkan income kita dapat menggunakan video marketing yang bertajuk series.

 

3.     Educational Video untuk Branding.

Setiap brand pasti punya misi yang dikejar selain menjual prodaknya. Pasti ada isu yang diusung oleh setiap brand. Setiap isu pasti mengandung informasi. Dan informasi-informasi itu penting untuk dishare ke konsumen. Konsumen senang mempelajari hal-hal baru dengan cepat, singkat, dinamis, dan menghibur. Itulah alasan tipe video ini perlu untuk di buat. Baca juga cara perusahaan local dalam membangun brand merek dan perusahaan mereka hingga menjadi top brand intentional.

 

4.     Profile Video dari Merek dan Brand Perusahaan.

Untuk membangun kepercayaan kepada konsumen, perusahaan dan brand perlu memperkuat citranya. Memperkuat citra bisa dilakukan dengan banyak hal, salah satunya adalah menceritakan kisah perusahaan itu sendiri. Dalam kisah itu, visi dan misi perusahaan penting untuk diketahui oleh orang banyak. Atas dasar itulah, penting agar setiap perusahaan memiliki video profil.

 

5.     Documentary Merek dan Brand Perusahaan.

Ini salah satu tren yang mulai berkembang. Banyak brand dan perusahaan menggunakan tipe video ini untuk menceritakan kisah-kisah nyata di luar sana. Kisah-kisah itu kebanyakan kisah inspiratif yang nyata, sehingga penonton dapat terinspirasi.

 

6.     Explainer / Tutorial Video Penggunaan Produk.

Beberapa brand spesifik memerlukan video tipe ini. Tujuannya jelas, agar penonton / konsumen dapat mempelajari cara penggunaan satu prodak dengan mudah dan praktis. Dengan menonton video tutorial, maka mereka dapat memahaminya dengan lebih mudah, tanpa harus dijelaskan langsung oleh staff dari brand / perusahaan.

 

            Memang dari pengetahuan diatas tentang cara meledakkan income bisnis dengan menggunakan video marketing diatas masih belum sepenuhnya Konveksi Tas lakukan. Karena memang ada hal-hal yang perlu kami perhatikan sebelum menuju kesana. Namun, Hingga saat ini kami udah sering memposting video-video berupa profil produk yang kami tampilkan untuk dipasarkan. Disamping itu, ada juga video-video documenter pengrajin kami yang sedang mengerjakan pembuatan tas seminar pesanan dari pelanggan kami. Bahkan terdapat juga video saat penggarapan tas pesta. Selamat mencoba pembuatan video marketing untuk usaha anda, semoga sukses, dan doakan Shoba Industri sukses dalam usahanya.

 


;

Jangan sampai kelewatan tips & trick dan kabar promo dari kami

Branding Kit Sebagai Usaha untuk Mendatangkan Loyalitas Pelanggan


Tokoandalan.com ~ Sebelum kami membawa anda lebih jauh ke tentang tema bahasan pada artikel tentang branding kit sebagai usaha buat mendatangkan loyalitas pelanggan, kami akan menjelaskan apa itu bran read more

Bila Ada yang Bertanya Branding Dulu atau Marketing Dulu, Jawabannya?


TokoAndalan.com ~ Sebelum anda menuju pembahasan tentang pertanyaan diatas, kami ingin bertanya kepada anda. Pertanyaannya adalah apakah anda pernah mendengar kata Marketing, Selling dan Branding? Secara umu read more

Bagaimana Memiliki Fokus Setajam Pedang dalam Berbinis

Tokoandalan.com ~ Dalam setiap kesempatan, cukup banyak orang yang menanyakan bagaimana cara untuk menjadi seorang pribadi yang dapat focus terhadap satu urusan. Terlebih bisa focus untuk menjalankan bisnisnya h read more