Cara Meningkatkan Kreativitas dan Produktivitas Bagi Pengusaha Konveksi Tas

Blog

Tokoandalan.com ~ Salah satu tokoh orang yang paling kreatif di dunia bernama Simon Rich, pernah mengemukakan dan memetakan 5 langkah untuk meningkatkan kreativitas Anda. Salah satu diantara yang pernah di kemukakan oleh beliau adalah mengetahui waktu kerja terbaik untuk diri kita. Misalnya saja, apabila kita ambil contoh dalam kehidupan sebagai pebisnis konveksi tas, maka anda harus tahu betul jadwal kerja anda untuk mengerjakan pesanan tas dari berbagai client yang datang. Para pengrajin tas ini tidak jarang bisa bekerja untuk menjahit tas pesanan hanya di malam hari saja, dan tentunya banyak juga yang hanya bisa bekerja untuk menjahit tas pesanan di siang hari saja. Jadi disini anda harus betul-betul mengetahui waktu terbaik anda untuk bekerja supaya anda merasa produktivitas.

Lebih jauh lagi apabila anda bekerja dan berusaha menjadi yang terbaik membutuhkan lebih dari 24 jam dalam sehari, tentu bekerja di kantor saja tidak akan cukup. Banyak hal yang harus dilakukan, tidak seimbang dengan waktu yang kita miliki. Terlebih saat kita harus membagi-bagi waktu dengan urusan lainnya, seperti keluarga, teman dan hobi yang ingin kita lakukan juga. Bahkan jika pun kita memaksakan untuk melakukan banyak hal dalam satu hari, stress tidak dapat kita hindari. Kelelahan dan berakhir sakit. Tentu saja ini akan merugikan kita, bahkan pekerjaan kita.

Maka dari itu, kami dari shoba Industri dengan alamat website tokoandalan merasa perlu berbagi pengalaman untuk anda tentang cara kami selaku konveksi dan produsen tas untuk meningkatkat produktivitas kami dan juga anggota kami selaku pengrajin dan juga yang jadi cs. Berikut adalah cara-cara yang telah kami terap, dan bagikan untuk anda :

1.      Produktivitas dengan Memberikan jarak di dalam diri

Mungkin dari kita banyak tidak menyadari bahwa kita akan lebih mudah dalam memberikan saran dan memecahkan masalah bagi orang lain, ketimbang harus memecahkan masalah kita sendiri bukan? Dalam dunia ilmu psikologi, hal ini disebut dengan “Psychologicallly Distant”, Kita akan lebih mudah memahami situasi dimana tidak ada kita di dalamnya, termasuk dalam hal ini adalah masalah orang lain. Dalam sebuah study yang dilakukan oleh Indiana University, saat kita meningkatkan “Psychologically Distant” maka kitapun akan meningkatkan kreativitas diri. Dengan begitu, wawasan baru dan kejelian dalam menyelesaikan masalah yang lebih abstrak dan kompleks.

2.     Cara Menjadi Prodiktif dengan Mengetahui Waktu Kerja Terbaik Anda

Diatas telah kami sampaikan sebelumnya bahwa Seorang Simon Rich tokoh yang masuk 100 besar paling kreatif dinunia ketika bangun tidur, hal pertama yang dilakukan Rich adalah menulis. “Biasanya saya selalu dapat menyelesaikan pekerjaan saya di pagi hari” ujar Rich. Setelah makan siang, biasanya kreativitas orang menurun. Rich mengestimasi perbandingan kreativitas sebelum dan sesudah makan siang adalah 80/20. Contoh yang bisa anda terapkan sebagai pengusaha di bidang konveksi tas wanita maupun selaku konveksi tas lainnya, bahwa kenali dan ketahui jadwa terbaik anda bekerja tanpa ada gangguan dan pikiran lainnya. Misalnya anda merasa nyaman dan semangat saat bekerja disiang hari untuk menggarap pesanan dari client anda, maka bekerjalah disiang hari. Dan apabila anda bekerja dimalam hari lebih terasa nyaman, maka bekerjalah di malam hari.

3.     Bekerja Tanpa Menunda-nunda Waktu.

Pekerjaan bidang apapun, termasuk selaku pebinis bidang pabrik tas dan sering menunda-nunda pekerjaan pasti akan gagal usaha yang telah dibangun. Memang sudah ketahui bersama bahwa ketika kita menunda-nunda, kita sering kekurangan motivasi untuk menyelesaikan tugas di tangan. Alih-alih mencoba untuk menyulap inspirasi dari mepetnya waktu yang dimiliki dalam menyelesaikan pesanan client, malah menjadikan kita lebih tambah tidak bersemangat karena kita sudah tau waktunya jadi mepet. Dan apabila terus dipaksakan akan menghasilkan yang tidak memuaskan yang pada akhirnya menjadikan client kita merasa di rugikan dan tidak jadi lagi order dikita di kemudian hari.

4.     Kejar Kuantitas Dibandingkan Kualitas

Masih menurut oleh salah satu manusia paling kreatif didunia yang bernama Simon Rich mengemukakan bahwa kerja kuantitas dibanding dengan kualitas. Mungkin Anda kurang setuju dengan kata-kata di atas. Namun Rich punya penjelasan sendiri. “Dengan membuat tulisan sebanyak-banyaknya, Anda akan menemukan banyak dari tulisan Anda yang berkualitas.” Ujar Rich. Maksudnya, Jika Anda menunggu ide untuk menulis sesuatu yang berkualitas, itu malah akan menghambat waktu Anda. Founder & CEO Tokoandalan sendiri mengemukakan kepada kami bahwa “Kuantitas Akan Melahirkan Kualitas”, artinya bahwa jika kita ingin mendapatkan hal-hal yang berkualitas, maka kita harus menyaringnya dari hal-hal yang sifatnya kuantitas tadi. Mustahil kiranya kita mendapatkan hal berkualitas jika hal kuantitas saja kita tidak punya.

5.     Maafkan Diri Anda bagian dari Menciptakan Kreatifitas dan Produktivitas

Lebih jauh lagi Simon Rich mengatakan bahwa ketika umur 18 tahun, ia takut untuk membaca ulang novel pertamanya karena ia merasa novelnya buruk. “Saya ingat, saya sangat marah karena setengah dari halaman novel itu saya tulis dengan membutuhkan banyak waktu. Padahal beberapa waktu yang lalu, saya meluncurkan sebuah novel yang bahkan itu hanya dikerjakan dengan sebagian kecil dari waktu saya. Pelajarannya? Anda menulis sebuah novel yang buruk. Jadi, perbaiki dalam novel yang selanjutnya” Saran Rich.

6.     Hadirkan diri anda untuk Setiap suasana hati Anda.

Sewaktu anda berada dalam suasana hati yang buruk sekalipun dan serta sangat sulit untuk menempatkan diri Anda untuk batu asah supaya menghasilkan menghasilkan karya inovatif harus tetap mengahadir diri anda dalam suasana seperti itu. Artinya adalah jangan sampai anda melarikan dari setiap masalah yang menghampiri dan hadapi dengan rasa bahagia. Hal ini senada dengan yang di ungkapkan oleh Adam Anderson yang seorang profesor bidang psikologi di University of Toronto, menemukan bahwa menjadi bahagia bagian dari kunci untuk membuka potensi kreatif dalam diri seseorang. Dalam sebuah wawancara, Anderson mengatakan, “Jika Anda mengalami kesulitan memecahkan masalah, reaksi khas adalah marah. Tapi itu benar-benar dapat membuat lebih sulit untuk memecahkan masalah. Salah satu cara untuk menghadapi masalah sesulit apapun itu adalah adalah dengan cara mengistirahat pikiran dan badan dengan cara bepergian ketempat-tempat yang anda senangi untuk kembali mendapatkan diri Anda dalam suasana hati yang baik, dan kemudian kembali ke masalah itu lagi untuk menyelesaikannya.

7.     Menentukan waktu kerja sendiri.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di study oleh MIT Sloan School of Management & INSEAD Business School, menetapkan tenggang waktu untuk diri sendiri dapat membantu kita menyelesaikan pekerjaan dan mengurangi penundaan. Dengan tenggang waktu itu kita pun bisa mengurangi konsekuensi untuk gagal. Untuk tenggang waktu harus realistis dan yang memungkinkan kita untuk menyelesaikan pekerjaan secara menyeluruh. Metode ini sebenarnya hampir sama dengan yang kami kemukakan pada poin 6. Yakni sama-sama memberikan waktu bagi diri anda sendiri yang bebas untuk melakukan semua hal yang anda inginkan. Mungkin istilah jaman sekarang lebih dikenal dengan istilah “Me Time”

8.     Menerapkan teknik Mindfulness.

Bagi sebagian orang biasanya akan merasa sulit untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang bukan bidangnya. Misalnya bidang seseorang tersebut adalah bagian pemasaran, apabila dikasih pekejeraan bidang produksi, sekalipun orang tersebut sesungguhnya mempunyai keahlian bidang itu, orang tersebut tetap akan merasa malas untuk mengerjakan pekerjaan ini. Bahkan oleh mereka akan bisa sangat mudah merasa terganggu dan berujung pada penundaan pekerjaan. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya anda bisa menerapkan teknik Mindfulness. Dimana teknik ini membuat anda mau tidak mau harus fokus atau aware kepada lingkungan sekitar anda. Entah tempat dimana anda berada, suasana lingkungan sekitar, maupun berbagai makanan dan minuman yang akan Anda santap, pastikan itu dapat membuat Anda focus. Oleh seorang psikolog Mihaly Csikszentmihalyi pernah mengemukakan sebuah istilah “Flow” untuk menggambarkan cara seorang seniman, atlet dan musisi yang dianggap dalam posisi fokus dalam pekerjaan mereka. Mereka yang fokus mengerjakan sesuatu, akan mengubah arah pikiran mereka ke dalam aliran yang membuat mereka bisa lebih produktif. Maka dari itu, anda juga untuk mendapatkan suasana kreatif dan produktif sebaiknya menggunakan metode ini.

9.     Membuat tantangan yang menyenangkan untuk diri sendiri.

Tahukah Anda bahwa buku anak-anak brilian Dr Seuss ‘ini Green Eggs and Ham diciptakan sebagai hasil dari taruhan? Kala itu seorang editor Seuss menantang penulis untuk menulis sebuah buku dengan 50 atau lebih sedikit kata-kata yang digunakan berulang kali. Dan diantara sekian banyak yang menjawab tantangan tersebut adalah Seuss. Seuss naik dan mencoba menulis sebuah buku dengan cerita lucu dari Sam-I-Am dan makanannya aneh-berwarna lahir. Hasilnya, dapat di lihat seperti sekarang. Terciptanya karya spektakuler dari seorang Dr. Seuss. Demikian juga, Anda yang ingin berpikiran kreatif dan produktif dapat menerapkan metode ini, yakni, memberikan tantangan kepada diri anda sendiri untuk bisa melakukan dan mengerjakan hal-hal besar dalam diri anda. Silahkan uji kemampuan batas diri anda Sejauh mana anda dapat bertahan dan dapat menyelsaikan hal-hal yang anda anggap besar dalam suatu bidang yang anda coba hadapi tersebut.

10. Mengatahui Bagaimana Anda Bekerja.

Anda harus menyadari bahwa tidak semua hal yang Anda kerjakan dalam satu hari merupakan hal yang Anda sukai semuanya. Pastinya kita sebagai manusia biasa adakalanya mendapatkan pekerjaan yang sangat tidak kita sukai. Namun, untuk tetap menjaga kepropesionalan diri anda, tetap memaksakan diri untuk tetap bisa mengerjakan bidang tersebut. Selain itu, memang Terkadang tergantung dengan deadline. Dan cara mensiasatinya adalah dengan cara mengerjakan terselebih dahulu pekerjaan yang anda sukai, hingga pada akhirnya anda bisa mengerjakan sampai selesai terhadap perkerjaan yang anda kurang sukai tersebut. Maksudnya adalah jika Anda mengetahui bagaimana seharusnya Anda bekerja, maka Anda akan menemukan yang terbaik dari diri Anda. Anda akan menemukan dimana waktu yang paling kreatif, waktu yang paling tepat, dan waktu yang paling produktif dari diri Anda.

Itulah sedikit pengetahuan yang dapat anda terapkan untuk cara meningkatkan kreativitas dan produktivitas bagi pengusaha konveksi tas. Sesungguhnya tips ini bisa berlaku untuk profesi apa saja. Namun, karena kami adalah salah satu pelaku konveksi tas dan contoh-contoh yang kami ambil adalah dari bidang rekan-rekan sesame konveksi tas dan dompet, makanya kami memutuskan untuk memberikan judul demikian. Harapannya rekan-rekan yang berprofesi selaku pengusaha produsen tas dan bidang apapun pekerjaan anda semoga berhasil menerapkan tips diatas. Selamat Mencoba dan semoga sukses untuk anda!

 


;

Jangan sampai kelewatan tips & trick dan kabar promo dari kami

Branding Kit Sebagai Usaha untuk Mendatangkan Loyalitas Pelanggan


Tokoandalan.com ~ Sebelum kami membawa anda lebih jauh ke tentang tema bahasan pada artikel tentang branding kit sebagai usaha buat mendatangkan loyalitas pelanggan, kami akan menjelaskan apa itu bran read more

Bila Ada yang Bertanya Branding Dulu atau Marketing Dulu, Jawabannya?


TokoAndalan.com ~ Sebelum anda menuju pembahasan tentang pertanyaan diatas, kami ingin bertanya kepada anda. Pertanyaannya adalah apakah anda pernah mendengar kata Marketing, Selling dan Branding? Secara umu read more

Bagaimana Memiliki Fokus Setajam Pedang dalam Berbinis

Tokoandalan.com ~ Dalam setiap kesempatan, cukup banyak orang yang menanyakan bagaimana cara untuk menjadi seorang pribadi yang dapat focus terhadap satu urusan. Terlebih bisa focus untuk menjalankan bisnisnya h read more