Tips Agar Penyelenggaraan Acara Seminar Berjalan Sukses

Blog

TokoAndalan.com ~ Secara umum seminar adalah salah satu metode transfer knowloge oleh para insan akademisi dari satu orang yang dianggap mempunyai pengetahuan lebih kebanyak orang yang merasa ingin menambah ilmu dari si ahli tadi. Para penyelenggara seminar itu terdiri dari berbagai jenis, mulai dari sebuah universitas, Sekolah, instansi maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional. Adapun asal kata dari seminar berasal dari bahasa Latin yaitu “seminarum”, yang artinya "tanah tempat menanam benih".

Bagi siapapun anda yang ingin menyelenggarakan seminar, tentunya berharap event seminar yang dilakukan berjalan lancar dan sukses serta di ikuti oleh banyak peserta hingga maksimal. Hal seperti ini diharapkan oleh mereka para penyelenggara seminar yang berasal dari event organizer seminar dari kalangan profesional. Maka dari itu, tidak jarang oleh para penyelenggara seminar merasa tertekan dan kebingungan untuk memenuhi target yang diinginkan oleh panitia. Nah, bagi anda yang masih bingung bagaimana cara menghandle seminar supaya berjalan sukses, berikut kami berikan tips supaya penyelenggaraan acara seminar yang anda agendakan berjalan lancan dan sukses :

1.                           Bagi anda yang akan mengadakan acara seminar, hal yang pertama anda perhatikan adalah pemilihan narasumber yang sangat berkompeten dibidangnya. Lebih bagus lagi apabila narasumber yang akan mengisi seminar anda sudah cukup dikenal oleh public calon peserta seminar anda. Seperti contoh, saat anda ingin mengadakan seminar dengan tema hukum tata Negara, maka pemateri yang kompeten dibidang hukum tata Negara dan cukup dikenal public adalah Prof. Yusril Ihza Mahendra. Begitu juga misalnya, saat anda ingin mengadakan seminar bidang UKM dengan tema UKM bidang Tas dan Dompet dan anda mengundang Founder dan CEO TokoAndalan yakni Pahrur Rozi Nasution atau lebih dikenal dengan panggilan Fachri. Jadi, sekali lagi tatkala anda ingin mengadakan seminar dan berharap penyelenggaraan seminar yang anda lakukan berjalan lancar dan sukses maka penting memilih narasumber untuk jadi pemateri dari kalangan public figur dan berkompeten dibidangnya.

2.                           Selanjutnya, hal yang perlu anda perhatikan saat akan mengadakan seminar adalah memilih tempat seminar yang strategis sehingga peserta tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Sebisa mungkin, carilah tempat yang memberikan jaminan fasilitas memadai, seperti listrik, kamar mandi, tempat parkir, dan sebagainya, sehingga memberikan kenyamanan bagi peserta. Dan yang tidak kalah penting saat menjatuhkan pilihan ketempat yang menurut anda bagus, usahakan fasilitas sound system dalam ruangan memadai. Karena perlu anda ketahui, bahwa tidak semua gedung cocok dijadikan sebagai tempat seminar, alasannya adalah kadang ada suatu gedung saat kita menggunakan sound system didalamnya akan terasa mantul suaranya. Apabila terus dipaksakan dengan menggunakan tempat seperti itu, materi yang disampaikan oleh pemateri tidak akan terlalu didengar baik oleh peserta seminar anda yang akhirnya dapat membuat kecewa peserta dikemudian hari.

3.                           Memang, bagi siapapun penyelenggara seminar, tidak jarang ada dicantumkan logo perusahaan di souvenir tas seminar dan alat peraga publikasi sipenyelenggara seminar. Hal itu terjadi karena memang siperusahaan yang terdapat logonya dalam suatu event seminar itu menjadi sponsor. Perlu anda ketahui bahwa saat ini sangat banyak perusahaan atau tokoh yang bersedia menjadi sponsor seminar asal pesertanya banyak. Bahkan pengalaman kami yang pernah mengadakan seminar, pernah tidak mengeluarkan biaya sepersen pun. Karena kala itu pemateri kami dapatkan gratis dan bahkan tidak perlu membayar biaya akomodasinya. Begitu juga dengan penyewaan gedung juga kami dapatkan secara cuma-cuma. Bahkan untuk biaya dekorasi ruangan termasuk diantaranya fasilitas sound system kami dapatkan secara gratis. Lebih kerennya lagi, kami juga kala itu mendapatkan banyak sponsor yang bersedia membantu kami untuk mensukseskan event seminar tersebut. Dari pesertanya sendiri kami kutip biaya, Sehingga kala itu kami benar-benar memperoleh keuntungan yang lumayan saat penyelenggaran event seminar tersebut. Jadi, apabila anda dari kalangan event organizer professional dan memang penyelenggaraan seminar yang anda selenggarakan untuk mencari keuntungan, maka carilah sponsor yang bagus untuk acara ini.

4.                           Mempromosikan acara seminar Anda dengan berbagai media, baik cetak maupun media sosial. Hal ini untuk semakin menjaring banyaknya peserta. Selain itu, tujuan dari promosi adalah untuk menaikkan brand event organizer anda selaku penyelenggara seminar. Dalam mempromosikan seminar tersebut, anda juga bisa mencetak banner, xbanner yang dapat dipasang di titik-titik tertentu yang sekiranya lokasi tersebut potensial untuk dilihat oleh orang banyak atau lalu lalang. Adapun Pamflet dapat anda sebarkan di acara-acara car free day atau di temple di mading-mading yang potensial dilihat oleh target peserta seminar anda.

5.                           Pilihlah tema seminar yang menarik, sehingga masyarakat merasa sangat perlu untuk mengikuti seminar Anda tersebut. Saat pemilihan tema ini pastikan anda mengetahui kultur dan budaya disekitar tempat anda akan menyelenggarakan seminar. Misalnya saja anda akan mengadakan seminar pertanian di lokasi sekitar adalah bekerja sebagai nelayan. Jika seperti ini, dapat dipastikan seminar anda akan sepi pesertanya, karena bagi seorang nelayan tidak akan tertarik mengikuti seminar bidang pertanian. Namun, saat ini satu tema yang dapat diterima oleh berbagai kalangan, baik itu dari kalangan akademisi, orang kantoran, karyawan, petani, nelayan dan bahkan wiraswasta. Tema tersebut adalah bidang Usaha atau UKM. Karena banyak orang saat ingin menjadi seorang pengusaha. Misalnya saja, seminar usaha bidang konveksi tas pastinya akan sangat banyak berminat untuk mengikutinya.

6.                           Adapun yang terakhir yang perlu anda perhatikan saat akan mengadakan event seminar adalah memikirkan souvenir seminar. Berikan souvenir kepada peserta sebagai salah satu fasilitas yang Anda berikan. Dalam hal ini, sangat cocok jika Anda menggunakan souvenir berupa tas seminar. Dalam tas tersebut, Anda bisa sekaligus mempromosikan perusahaan Anda. Pada bagian luar tas dituliskan nama perusahaan dan acara seminar yang Anda selenggarakan baik itu dengan penulisan system bordir maupun model sablon. Saat ini, sudah banyak produsen tas seminar yang bisa Anda pilih untuk memesan tas seminar seperti ini dengan harga bervariasi. Atau, untuk lebih menghemat pengeluaran, Anda bisa mengajak produsen tas tersebut untuk menjadi sponsor acara Anda. Tentunya salah satu rekomendasi yang bagus untuk pemesanan berbagai model tas seminar adalah di Tokoandalan.

Itulah tips-tips yang bagus untuk Anda perhatikan, tatkala anda ingin mengadakan event seminar dan berharap seminar yang akan anda selenggarakan berjalan lancar dan sukses serta mendapatkan fundi-fundi rupiah yang memuaskan. Lantas, jika anda sebagai peserta seminar apa yang didapatkan?

Tentunya bagi siapapun peserta seminar yang ikut dalam acara seminar sangat banyak manfaat yang anda dapatkan. Mulai dari dapat souvenir tas seminar dan lain sebagainya. Selain dari yang kami sebutkan diatas, tentunya masih sangat banyak manfaat yang bisa anda terima saat menjadi peserta seminar. Dibawah ini sudah kami rangkum untuk anda ketahui tentang manfaat bisa anda dapatkan ketika mengikuti event seminar:

1.     Sebagai momen untuk berbagi dan belajar.

Apapun profesi anda, seminar merupakan tempat yang bisa Anda gunakan untuk menambah ilmu dari para profesional yang telah berhasil pada bidang tertentu yang ingin anda kuasai juga bidang yang dimaksud. Banyak pembahasan yang bisa disampaikan pada acara seminar. Para pembicara di kegiatan seminar, tentu sudah memiliki pengalaman yang banyak dan juga kunci sukses. Maka dari itu, kegiatan seminar bisa menjadi kesempatan besar untuk Anda. Jadi, jangan pernah ragu untuk meminta nasihat atau saran sehingga Anda akan memperoleh sesuatu besar yang selama ini Anda inginkan.

Umumnya orang yang sudah sukses tidak akan pelit dalam menyampaikan ilmu. Bahkan, mereka akan dengan senang hati membagi kunci kesuksesan mereka pada peserta seminar. Biasanya kegiatan seminar akan melibatkan pesertanya untuk praktek langsung atau terjun secara langsung ke dalam acara seminar yang diadakan sehingga Anda bisa mendapatkan pendidikan dasar yang Anda inginkan.

2.     Seminar Wadah Tempat untuk bersosialisasi.

Setiap orang pada bidang tertentu yang ingin mencapai kesuksesan pasti akan bersosialisasi dengan komunitas bidang tersebut. Kegiatan seminar pasti akan dihadiri oleh ratusan orang pada bidang tersebut baik yang baru atau yang sudah lama menekuni bidang tersebut. Mereka merupakan sumber inspirasi untuk Anda dan sekaligus sumber motivasi. Di mana jika Anda bertemu dan juga berkomunikasi dengan mereka akan membuat Anda terpengaruh terkait semangat yang mereka berikan. Seminar merupakan sarana untuk berbagai kesuksesan dan juga saling mendukung.

3.     Mengikuti Seminar untuk Cari Inspirasi.

Dengan mengikuti acara seminar bisa menjadi sumber inspirasi bagi Anda dalam mengapai cita – cinta yang Anda inginkan. Ada begitu banyak informasi yang dapat Anda peroleh untuk dijadikan bahan dalam bidang yang sedang Anda tekuni. Anda hanya perlu mendengarkan dan juga peka pada acara seminar yang sedang berlangsung. Selain itu, Anda juga dapat bercerita tentang banyak hal seperti materi, sponsor dan juga pendukung.

4.     Event Seminar Mendapatkan kesempatan wawancara dari pemateri.

Ini merupakan suatu kesempatan besar Anda yang tak ternilai. Anda bisa meminta dan mengatur jadwal wawancara dengan sang pemateri. Pemateri merupakan sumber informasi yang terpercaya karena telah terbukti memiliki reputasi dan juga kesuksesan di dalam komunitas tersebut. Jika mereka menyetujui untuk melakukan wawancara dengan Anda, tentu hal ini merupakan kesempatan emas bagi Anda. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan motivasi dan juga rasa percaya diri Anda.

5.     Memiliki kesempatan untuk berfoto bersama.

Jika Anda berfoto bersama dengan mereka yang memiliki reputasi yang baik di dalam komunitas mereka, Anda akan memiliki citra positif pada diri Anda. Orang yang melihat foto ini akan mengatakan bahwa Anda beruntung telah mendapatkan momen untuk berfoto dengan pemateri.

6.     Menampilkan Citra Diri Anda.

Dengan keberadaan Anda pada kegiatan seminar bisa menjadi ajang atau wadah untuk menampilkan potensi diri Anda dan juga kemampuan Anda. Jika Anda melakukan hal ini maka Anda akan mendapatkan perhatian dan juga akan mendapatkan nilai positif dari pengunjung dan teman – teman Anda.

7.     Mendapatkan Souvenir tas seminar.

Sponsor atau souvenir resmi dari kegiatan seminar bisa menjadi sesuatu yang sangat berarti dan bernilai untuk Anda. Hal ini bisa menjadi ajang pamer bagi Anda kepada teman – teman Anda yang tidak mendapatkan souvenir. Paling tidak, jika Anda bisa mendapatkan souvenir dari acara sebuah seminar tersebut akan menunjukkan bahwa Anda merupakan komunitas yang aktif. Salah satu jenis souvenir yang bisa Anda dapatkan adalah tas seminar.

Jika, berbicara tentang tas seminar, mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa tas seminar yang memiliki model yang standar dan juga membosankan. Tetapi saat ini sudah banyak jenis – jenis tas seminar yang lebih bervariasi dari model backpack, selempang dan juga jinjing. Saat ini juga telah banyak panitia seminar yang akan memilih tas seminar yang cocok dengan tema seminar mereka. Jadi bisa dikatakan bahwa tas seminar saat ini tidak memiliki model yang kaku seperti jaman dahulu. Itulah yang dapat kami rangkum untuk anda, semoga bermanfaat. Dan Semoga Sukses!

 


;

Jangan sampai kelewatan tips & trick dan kabar promo dari kami

Branding Kit Sebagai Usaha untuk Mendatangkan Loyalitas Pelanggan


Tokoandalan.com ~ Sebelum kami membawa anda lebih jauh ke tentang tema bahasan pada artikel tentang branding kit sebagai usaha buat mendatangkan loyalitas pelanggan, kami akan menjelaskan apa itu bran read more

Bila Ada yang Bertanya Branding Dulu atau Marketing Dulu, Jawabannya?


TokoAndalan.com ~ Sebelum anda menuju pembahasan tentang pertanyaan diatas, kami ingin bertanya kepada anda. Pertanyaannya adalah apakah anda pernah mendengar kata Marketing, Selling dan Branding? Secara umu read more

Bagaimana Memiliki Fokus Setajam Pedang dalam Berbinis

Tokoandalan.com ~ Dalam setiap kesempatan, cukup banyak orang yang menanyakan bagaimana cara untuk menjadi seorang pribadi yang dapat focus terhadap satu urusan. Terlebih bisa focus untuk menjalankan bisnisnya h read more