Pentingnya Mengenal Kompetitor dalam Berbinis

Blog

Tokoandalan.com ~ Apabila anda perhatikan bahwa saat ini hampir di segala sector usaha sudah ada yang mendahului membuka usaha bidang itu dan tentunya bakalan menjadi pesaing anda. Setuju tidak setuju keberadaan pesaing atau kompetitor merupakan keniscayaan. Maksudnya adalah jika Anda hendak terjun ke dunia bisnis, maka Anda pastinya akan mendapati satu, dua atau lebih pesaing. Pesaing bisa didefinisikan sebagai pengusaha lain yang menawarkan produk berupa barang atau jasa yang sama dengan produk yang kita tawarkan kepada konsumen. Jika pesaing tidak bisa dikendalikan, maka bisnis Anda bisa saja hancur. Ini disebabkan pelanggan Anda akan pergi ke pesaing tersebut. Tidak ada pelanggan berarti tidak ada pemasukan. Tidak ada pemasukan berarti perusahaan akan bangkrut.

Kita misalkan saja, jika anda ingin membuka usaha bidang pembuatan Tas seminar, maka yang pasti pesaing anda salah satunya adalah Tokoandalan. Begitu juga tatkala anda ingin membuka usaha bidang konveksi jaket kulit, lagi-lagi shoba collection adalah salah satu pesaing yang bakalan anda hadapi. Lebih lanjut lagi kita ambil contoh, tatkala anda ingin membuka usaha sebagai produsen sepatu pantofel, lagi-lagi anda akan berhadapan dengan Konveksi Shoba Industri yang telah lama lebih eksis dari pada usaha yang bakalan anda buka tersebut.

Maka dari itu yang wajib anda tanamkan dalam diri anda tatkala terjun sebagai pebinis adalah bahwa persaingan dalam dunia bisnis memang wajar terjadi. Namun, sebagai pengusaha Anda memang memiliki tugas utama untuk bisa mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin. Cara yang sehat memang harus didahulukan untuk bisa mendapatkan pelanggan sekaligus mengendalikan pesaing. Pelanggan disini maksudnya selain menjaga pelanggan lama, diperlukan juga strategi untuk mendapatkan pelanggan baru. Selain itu, laju perkembangan pesaing juga harus dikontrol atau dimatikan.

Memang sulit menghindari dalam dunia bisnis untuk saling mematikan. Namun, selama dengan cara yang sehat tidak masalah dan masih dalam tahap kewajaran dan sesuai dengan prosedur atau tidak melanggar aturan dalam berbisnis. Ini penting untuk dilakukan. Jika Anda tidak bisa mengontrol gerak-gerik pesaing, maka pesaing itu yang akan menghentikan laju perkembangan bisnis Anda. Disinilah Anda bisa memanfaatkan keberadaan pesaing untuk bisa berinovasi. Tentunya, pesaing harus dianalisis sehingga Anda akan mudah mengontrol laju perkembangannya.

Adapun cara mengontrol pesaing untuk bisa menekan bertumbuhan lajunya bisnis mereka adalah dengan cara menganalisa laju pesaing tersebut. Dari situlah Anda bisa menekan lajunya pertumbuhan pesaing anda yang kemudian Anda bisa menentukan sikap atau strategi tertentu untuk diterapkan pada perusahaan Anda. Sebelum menuju kesana, tentunya anda harus mendapatkan informasi terkait beberapa poin penting terkait strategi pesaing anda dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka. Apabila anda masih belum mempunyai pola untuk mengidentifikasi pesaing anda, berikut kami paparkan gambaran apa saja yang perlu anda analisa dari pesaing anda tersebut:

1.     Identifikasi pesaing bisnis anda.

Secara garis besar, anda harus mempunyai dua kategori yang anda anggap sebagai pesaing. Yakni, pesaing dekat, yaitu perusahaan yang memiliki produk yang sama persis atau sejenis dengan produk Anda. Adapun yang kedua adalah Pesaing jauh, yaitu perusahaan yang memiliki produk yang hampir mirip dengan produk yang Anda tawarkan. Anda harus bisa menemukan sasaran pesaing Anda. Kenapa? Karena dengan menemukan sasaran pesaing perusahaan Anda, maka Anda bisa menentukan arah gerak perusahaan untuk meningkatkan penjualan serta menghambat laju perkembangan pesaing. Ini penting dilakukan. Bagaimana Anda bisa menemukan strategi untuk meningkatkan perusahaan dan menghambat pesaing jika Anda tidak mengetahui pesaing Anda siapa? Tentu disinilah pentingnya sebuah analisa.

Hal yang tidak boleh dilewatkan adalah mengetahui strategi pemasaran pesaing. Ini cukup sulit, namun jika Anda memperhatikan pesaing, maka Anda akan menemukan strategi yang digunakan oleh pesaing. Ingat, walau Anda mengamati gerak-gerik pesaing bukan berarti waktu dan pikiran Anda habis untuk memikirkan pesaing. Tidak! Jika Anda terlalu fokus pada pesaing sementara tidak melakukan perubahan pada perusahaan Anda, yang terjadi adalah sebaliknya.

Pesaing Anda akan terus maju dan berkembang sementara Anda sibuk untuk meneliti dan mengidentifikasi pesaing Anda. Jadi, selain memerhatikan pergerakan pesaing, Anda juga wajib untuk melakukan strategi tertentu di perusahaan Anda untuk diterapkan. Tujuannya adalah agar seimbang. Disinilah dibutuhkan kecepatan membuat strategi serta menentukan sebuah keputusan agar perusahaan Anda tetap berjalan dan jumlah atau laju pesaing juga bisa dikontrol dengan baik.

2.     Mempertahankan Kekuatan Produk.

Setelah anda mengidentifikasi dan pada akhirnya mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor Anda, ada baiknya bila Anda membanding dan menguji kualitas produk anda. Jika dirasa sudah cocok dan terima oleh pasar maka anda harus mempertahankan kekuatan produk yang Anda miliki untuk menjaga loyalitas para konsumen. Kunci inilah yang hingga saat ini dicoba oleh Konveksi Tas Shoba, supaya terus bertahan sampai waktu yang tidak terhingga.

3.     Tawarkan Harga Bersaing dengan Kompetitor

Jika memungkinkan anda juga harus memberikan harga yang bersaing, bukan berarti Anda harus menurunkan harga dan memperbesar kerugian usaha Anda. Strategi ini bisa Anda lakukan dengan cara, memberikan bonus untuk pembelian tertentu. Misalnya bila pesaing Anda menjual produk dengan harga yang lebih murah, maka untuk menghadapinya dengan cara membeli 1 gratis 1. Contoh sederhananya adalah bila pesaing kami dari Konveksi tas memberikan harga yang cukup miring dibanding kami, maka kami biasanya mensiasatinya dengan cara memberikan pelayanan yang prima. Disamping itu, memang Shoba Industri selama ini tidak akan mau menurunkan kualitas jahitan disetiap produk kami, meskipun kadang ada yang meminta diturunkan kualitas jahitan demi bisa menekan biaya dongkos penjahitan. Karena kami berprinsip rezeki sudah ada yang mengatur, dan jahitan yang rapi disetiap produk kami adalah satu ciri khas kami selaku produsen tas.

4.     Promosikan Produk Anda.

Cara ini masih sering digunakan para pelaku usaha termasuk Shoba Industri selaku salah satu Konveksi Tas terbesar di Indonesia, sebab minat konsumen untuk berburu barang-barang diskon masih sangat tinggi. Hal ini dapat anda buktikan dengan banyaknya event-event yang pengusaha kelas nasional yang memberikan diskon besar-besaran seperti produsen sepatu kantor dan sandal berjenis kulit, yang setiap tahun selalu membuat antri konsumennya tatkala lagi menggelar diskon.

5.     Berani Ambil Resiko.

Untuk menarik minat konsumen, banyak pelaku usaha yang mengambil tantangan besar untuk meningkatkan daya saing bisnisnya. Strategi ini bisa dijalankan para konsumen dengan menawarkan inovasi-inovasi baru yang belum pernah ditemui para konsumen. Misalnya saja seperti memproduksi barang atau jasa unik yang belum ada di pasaran, atau bisa juga mengadakan event promosi besar-besaran yang melibatkan para konsumen

6.     Libatkan Konsumen.

Hal selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk dapat lebih mengenal competitor anda dalam dunia bisnis dan pada akhirnya bisa memenangkan persaingan karena sudah mendapat speace dihati konsumen adalah dengan mencoba melibatkan konsumen. Caranya cukup simple yakni, Anda tinggal melakukan wawancara atau bahkan mengirim sebuah email kuisoner kepada mereka terkait seputar produk yang Anda pasarkan untuk mengetahui tingkat kepuasan mereka selama menggunakan produk yang anda produksi atau jualkan. Sistemnya dalah dengan membuat pertanyaan secara umum dan bebas. Jika bisa jangan juga tampilkan identitas perusahaan untuk melakukan survei ini. Ini dilakukan agar konsumen mau terbuka dengan situasi bisnis di seputar produk yang Anda jual. Saat konsumen meyinggung produk Anda atau produk kompetitor, maka di sanalah informasi berharga bisa Anda dapatkan untuk pengembangan bisnis dan perusahaan Anda.

7.     Buatlah Sebuah Forum Bisnis.

Sesungguhnya cara nomor 7 ini adalah teknik yang cukup ampuh untuk dapat mengetahui dan mengenal competitor dalam bisnis dengan baik. Karena dengan membuat forum seperti ini kita dapat mengetahui pergerakan kompetitor bisnis melalui sharing-sharing yang kita adakan dalam setiap diskusi. Meski hal ini tak akan berhubungan langsung dengan kompetitor, namun Anda bisa mendapat banyak informasi terkait dunia bisnis dan juga pergerakan kompetitor yang diinformasikan oleh member. Yang perlu diingat dari forum bisnis ini adalah Anda harus bisa menjadikanya sebagai forum yang bersifat terbuka. Yang perlu anda ingat adalah jangan sekali-kali membuat forum yang mengindikasikan bahwa Anda ingin mengetahui pergerakan kompetitor. Bila dipaksakan, akan membuat Anda malah kehilangan citra dan pamor. Biarkan saja forum berjalan dengan sendirinya, mungkin disatu hari ada orang dengan kesadarannya sendiri memposting informasi tentang kompetitor yang berharga bagi Anda.

8.     Perhatikan Fitur-fitur yang ada di Menu Kompetitor Bisnis.

Jika memang ada website dari competitor anda, maka ada baiknya juga anda mencari informasi apa saja fitur boormark yang tersedia di website competitor anda. Sebab umumnya fitur Bookmark yang ada pada website kompetitor merupakan sarana yang bisa Anda gunakan untuk pemantauan pergerakan bisnis mereka. Untuk itu Anda tak perlu ragu untuk mem-bookmark website mereka. Dengan cara ini, Anda akan selalu mendapatkan update info dari pesaing Anda dalam pergerakan bisnisnya. Informasi seputar perusahaan pesaing merupakan sesuatu yang berharga bagi Anda untuk bisa mencari celah kelemahan atau melakukan manuver bisnis melewati gerak-gerik pesaing yang terdapat dalam website competitor tersebut.

Poin penting dalam melakukan teknik ini, usahakan identitas Anda tidak diketahui pesaing. Caranya jangan menggunakan identitas perusahaan untuk mem-bookmark website pesaing. Anda harus menggunakan identitas lain yang tidak terkait pesaing agar Anda tidak dicurigai sebagai mata-mata oleh pesaing Anda.

9.     Menjadi Konsumen Bayangan.

Teknik yang terakhir untuk bisa mengetahui pergerakan kompetitor adalah dengan menjadi konsumen bayangan (ghost shopping). Istilah ghost shopping memang sudah lazim dijumpai dalam sebuah bisnis. Maka dari itu, tidak ada salahnya juga anda menggunakan teknik yang biasanya dilakukan oleh seorang menajemen untuk mengetahui kinerja karyawan di perusahaan dalam melayani konsumen. Selain untuk memantau kondisi internal perusahaan, ghost shopping ini juga bisa Anda gunakan untuk mengetahui pergerakan kompetitor bisnis Anda. Yang perlu Anda lakukan dalam hal ini hanyalah menjadi konsumen bayangan dengan fokus mencari informasi sebanyak mungkin dari kompetitor. Dengan cara ini, Anda akan benar-benar akan mengetahui seluk beluk pesaing Anda dan Anda pun akan punya peluang besar untuk bisa melebihi pergerakan bisnis mereka. Demikianlah tips yang dapat kami bagikan kepada anda terkait seputar pengetahuan Pentingnya Mengenal Kompetitor dalam Berbinis dan tehnik yang dapat anda lakukan untuk mengetahui rahasia dapur competitor bisnis anda. Semoga anda dapat menerapkan. Selamat Berjuang!


;

Jangan sampai kelewatan tips & trick dan kabar promo dari kami

Branding Kit Sebagai Usaha untuk Mendatangkan Loyalitas Pelanggan


Tokoandalan.com ~ Sebelum kami membawa anda lebih jauh ke tentang tema bahasan pada artikel tentang branding kit sebagai usaha buat mendatangkan loyalitas pelanggan, kami akan menjelaskan apa itu bran read more

Bila Ada yang Bertanya Branding Dulu atau Marketing Dulu, Jawabannya?


TokoAndalan.com ~ Sebelum anda menuju pembahasan tentang pertanyaan diatas, kami ingin bertanya kepada anda. Pertanyaannya adalah apakah anda pernah mendengar kata Marketing, Selling dan Branding? Secara umu read more

Bagaimana Memiliki Fokus Setajam Pedang dalam Berbinis

Tokoandalan.com ~ Dalam setiap kesempatan, cukup banyak orang yang menanyakan bagaimana cara untuk menjadi seorang pribadi yang dapat focus terhadap satu urusan. Terlebih bisa focus untuk menjalankan bisnisnya h read more