Penentuan Lokasi Buat Bisnis adalah Pondasi Utama Memulai Bisnis

Blog

TokoAndalan.com ~ Bagi anda seorang entrepreneur perlu memperhatikan bahwa sebelum memulai usaha alangkah baiknya membuat konsep marketing mixyang dikenal dengan istilah populernya adalah 4P (product, price, place, promotion) di dalam perencanaan bisnisnya terlebih lagi jika seorang entrepreneur tersebut baru memulai sebuah start up. Diantara 4 pondasi utama yang wajib anda perhatikan diatas, sebagian pebisnis mengemukakan bahwa place alas lokasi usaha adalah factor yang utama diperhatikan sebelum memperhatikan product, price maupun promotion.

Maka dari itu, oleh tiem tokoandalan pada kesempatan kali ini akan focus pada pembahasan place yang terkait dengan pemilihan lokasi usaha dalam bisnis. Memang menurut Kotler (2009) place merupakan segala sesuatu yang menunjukkan berbagai kegiatan bisnis untuk membuat produk agar mudah diperoleh oleh pelanggan dan selalu tersedia bagi pelanggan. Apabila berada dalam kondisi bisnis yang memiliki persaingan ketat, faktor pemilihan lokasi menjadi komponen utama yang penting agar usaha yang dijalankan juga dapat bersaing secara efektif, maka perlu adanya lokasi usaha yang strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen. Ketepatan pemilihan lokasi merupakan salah satu faktor yang menentukan kesuksesan sebuah usaha. Maka dari itu, para pengusaha merasa wajib memperhatikan penempatan lokasi bagi bisnis yang akan dibangun.

Lokasi bisnis yang tepat diharapkan dapat memenuhi harapan pengusaha untuk menarik konsumen dalam rangka mendapatkan keuntungan dan sebaliknya apabila terdapat kesalahan dalam pemilihan lokasi akan menghambat kinerja bisnis dan secara otomatis keuntungan maksimal tidak akan dapat dirasakan oleh pengusaha tersebut. Maka, pemilihan lokasi bisnis yang dekat dengan target pasar serta ketersediaan infrastruktur yang memadai merupakan sebuah strategi yang juga dapat memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk/jasa yang diinginkannya. Harding (1978) menyebutkan beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi bisnis yaitu lingkungan masyarakat, sumber daya alam, tenaga kerja, kedekatan dengan pasar, fasilitas dan biaya transportasi, tanah untuk ekspansi, dan pembangkit tenaga listrik.

Keputusan penentuan lokasi biasanya juga tergantung pada jenis bisnis apa yang dimiliki oleh para pengusaha tersebut. Misalnya saja untuk pengusaha yang memilih lokasinya dekat dengan lokasi industri memiliki strategi untuk meminimalkan biaya operasional perusahaan, sedangkan untuk lokasi dekat dengan gudang para pengusaha memikirkan agar biaya operasional dapat ditekan dan kecepatan pengiriman dapat dimaksimalkan. Di balik penentuan ini terdapat strategi penentuan lokasi yang harus diketahui oleh pemilik usaha dalam rangka memaksimalkan keuntungan pada lokasi mereka di kedepannya. Berbeda jenis perusahaannya maka akan berbeda pula faktor yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan lokasi. Sebagai contoh sebuah usaha konveksi tas seminar yang memilih lokasi dekat dengan kantor instansi pemerintahan, dekat dengan perguruan tinggi dan bahkan berharap juga dekat dengan kantor-kantor LSM, transportasi terjamin, akses jalan mudah sehingga konsumen tidak kesulitan untuk menjangkau tempat konveksi tas seminar tersebut. Lain halnya dengan perusahaan ecommerce start up yang lebih mempertimbangkan lokasi nyamannya lokasi yang dapat digunakan oleh karyawannya untuk berkreasi supaya tercipta ecommerce yang dapat diterima oleh pasar terkait keberadadannya, dan pastinya fasilitas internet sudah cukup memadai dilokasi tersebut.

Oleh sebagian orang tatkala kita ingin membangun sebuah perusahaan atau bisnis, dapat diibaratkan menanam sebuah pohon. Anda perlu memberikan pupuk, menyiraminya, menghilangkan hama dan gulma yang mengganggu dan akhirnya, pohon tersebut akan berdiri dan dikemudian hari dapat mendapatangkan kemanfaatan dari bisnis tersebut. Dan seperti menanam pohon, Anda juga harus memilih tempat yang tepat untuk membangun usaha Anda. Tempat yang subur, kaya unsur hara atau dalam dunia bisnis disebut tempat yang strategis dan mudah diraih pelanggan.

Oleh karena itu, lokasi usaha yang tepat sendiri akan menjadi dorongan besar untuk berkembangnya bisnis Anda. Akan tetapi, lokasi sendiri tentunya tidak cukup untuk membuat bisnis Anda sukses dan berkembang. Seperti yang kita semua tahu, perusahaan seperti sebuah organisme kompleks dimana tiap bagian didalamnya mempunyai peran yang sangat penting. Lokasi adalah salah satunya, dan ada banyak hal lain yang juga penting untuk perusahaan Anda, namun yang paling penting menurut kami adalah place, price, promotion dan produk. Hal ini sejalan dengan yang kami kemukakan diawal pragraf pembahasan tema ini.

Ketika misalnya anda sudah menemukan lokasi yang strategis menurut perhitungan anda, selanjutnya denah design bangunan harus di perhatikan dan di perhitungkan juga, termasuk diantaranya adalah arus arah orang datang, sudut mata memandang tokonya, toilet, emergency exit, fire safety, masuk keluar karyawan, exhoust pembuangan, dan banyak lagi di pertimbangkan karena factor lokasi yang menentukan. Dalam istilah lebih luas tentang lokasi, misalnya Negara dalam hal ini, lokasi adalah letak geografi Negara tersebut. Keberuntungan sebuah Negara dalam kategori dinamakan “strategis” adalah semakin banyaknya “cross section” berbagai kepentingan yang melalui wilayah tersebut.

Bagi siapapun pelaku bisnisman yang baru membuka usaha mengharapkan idealnya adalah bagaimana usaha mereka bisa langsung ramai oleh konsumen sejak buka dihari pertama! Maka dari itulah hal yang menjadi alasan dibalik alasan penentuan lokasi buat bisnis yaitu sebagai pondasi utama dalam memulai bisnis. Bagi anda yang ingin belum tau cara mengkalukasi lokasi strategis atau tidak dalam bidang usaha yang sedang anda bangun, berikut adalah hal-hal yang perlu untuk anda perhatikan:

1.     Jenis Konsumen dalam binsis yang dibangun.

Jenis konsumen atau pelanggan yang anda harapkan atau target pasar yang akan Anda bidik menjadi salah satu poin dalam pemilihan lokasi bisnis yang sedang anda bangun. Misalnya saja bagi anda pelaku konveksi tas seminar maka pastinya target konsumen anda adalah orang kantoran, mahasiswa dan anak sekolahan. Maka dari itu, dalam pemilikan lokasi bidang usaha konveksi tas seminar ini bagusnya didekat peguruan tinggi, dekat sama kantoran dan lain sebagainya. Jadi, saat anda akan membuka usaha sudah harus berpikir target pangsa pasar anda seperti apa dan tinggal mereka dimana? Apakah misalnya jenis konsumen tipe apartemen, kantoran, kosan, pekerja pabrik, anak sekolahan.

2. Mencari Lokasi Usaha yang dapat Sebagai Pengundang orang

Biasanya tempat-tempat yang menarik akan menjadi pengundang konsumen untuk datang. Jika ada pengundang orang yang lebih dekat dan lebih ramai maka pelanggan tak segan untuk pindah ke lain hati. Pengundang orang seperti hypermarket, kursus dan gym. Maka lokasi terbaik adalah tempat dimana dekat dengan pusat keramaian seperti tempat belanja mall dan lain sebagainya, jadi jangan harap ramai pengunjung atau konsumen, jika tempat usaha jauh dari keramaian orang.

4. Akses atau jalan orang dalam pemilihan lokasi usaha.

Hal yang tidak kalah penting saat anda sedang menentukan lokasi dalam usaha yang sedang anda bangun adalah jalur yang sering digunakan oleh orang lewat, yang terbaik adalah antara tempat tinggal orang dan keramaian. Untuk sebagian besar bisnis mengambil lokasi usahanya yaitu di arah pulang tempat kerja menuju rumah menjadi jalur orang teramai dan terkonsumtif. Jangan katakan tempat Anda strategis karena dekat dengan tempat tinggal konsumen, jika lokasi usaha Anda di jalan buntu. sebab sama saja tak akan dilewati orang. Jalur orang terbaik adalah jalan-jalan utama pusat pembelanjaan, jalan 2 arah, jalur pulang, serta tempat yang dekat dengan keramaian seperti mall.

5. Lokasi bisnis anda Terlihat orang

Pastinya apapun bisnis yang anda bangun lokasi bisnisnya harus dapat dilihat dan dijangkau oleh orang banyak. Maka dari itu, pastikan toko anda terlihat secara langsung saat orang lewat. Perhatikan jarak dan sudut pandang, semakin mudah terlihat, tanpa harus mencari-cari, semakin gampang dikenali orang. Hindari sudut pandang yang tak terlihat seperti lokasi setelah tikungan atau terlalu atas posisinya.

6. Hubungan sosial dengan konsumen

Memilih tempat usaha yang sesuai dengan sasaran adalah nilai yang cukup penting untuk selalu pertimbangkan karena masing masing jenis usaha akan memiliki keterlibatan yang erat antara lingkungan masyarakat dengan jenis produk yang di tawarkan. Sebagai contoh misalkan akan membuka sebuah usaha yang bergerak dalam bidang perkonveksian seperti melayani atau menyediakan kebutuhan tas seminar, sepatu sapfety, sepatu pantofel, dan bahkan tas koper umroh. Langkah pertama adalah, anda harus mampu mendekati konsumen dengan cara bersosial yang lebih akrab guna memperoleh informasi akurat mengenai segala keluhan dan kebutuhan kerja mereka. Selanjutnya, anda akan bisa dengan mudah menentukan produk atau jasa apa yang memiliki potensi akan laku dipasarkan pada lokasi dan wilayah tersebut.

7. Terkait masalah perijinan bisnis dan usaha

Walaupun tidak jarang dilupakan, namun sebaiknya jangan pernah menganggap remeh masalah legalitas. Bukan hanya terbatas pada ijin usaha saja, melainkan harus meliputi segala aspek yang berhubungan dengan bisnis yang anda jalankan termasuk produk yang anda tawarkan. Mengabaikan poin ini akan menjadi resiko besar yang bisa saja tidak akan pernah diduga kemudian hari membawa dampak buruk bagi bisnis atau usaha anda.

Akan lebih menyesal lagi jika perjalanan usaha anda sudah mulai menampakkan perkembangan, kemudian tersandung masalah legalitas perijinan tempat usaha tentu akan fatal jadinya. Seperti lokasi yang sertifikat kepemilikan lahannya tidak jelas. Misalkan area pinggiran terminal atau stasiun yang dibangun ruko kemudian disewakan. Memang lokasi usaha seperti ini sangat strategis namun jika legalitasnya tidak jelas, maka resiko sewaktu waktu terjadi penggusuran tentu akan lebih membuat anda frustasi.

8. Lingkungan tempat usaha dan sekitarnya

Lingkungan sekitar tempat bisnis dan usaha adalah faktor yang akan mempengaruhi pandangan serta minat konsumen terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan. Misalkan saja anda berjualan tas di perkantoran, tentu saja pelanggannya akan terbatas pada komunitas tertentu yang memang berhubungan dengan sekolah tersebut semata. Contoh lain yang berhubungan dengan penentuan tempat usaha dan harus mempertimbangkan lingkungan sekitar adalah, semisal diwilayah tersebut sudah banyak terdapat usaha konveksi tas umroh maka sebaiknya anda mempertimbangkan ulang jika ingin membuka jenis usaha yang sama.

Kecuali jika anda mampu bersaing dengan memberikan nilai lebih, dan sanggup berkompetisi bisnis secara sportif tanpa menimbulkan masalah kemudian harinya, maka membuka usaha yang sama tidak akan ada larangannya. Setelah memahami factor-faktor di atas yang perlu untuk anda pertimbangkan sebagai catatan ketika akan memilih lokasi bisnis, sebenarnya ada satu insting alami yang sudah bisa menjadi tolak ukur tentang bagaimana cara memilih tempat usaha yang strategis.

Perhatikan sebentar saja, jika dalam radius setengan hingga 1 KM dari tempat yang anda pilih belum ada jenis usaha yang sama, seperti yang akan anda rencanakan dan jalankan, maka hal tersebut adalah merupakan satu bentuk peluang bisnis yang layak anda bidik dan segera dilaksanakan sebelum di dahului orang. Selamat mencoba dan semoga usaha yang akan anda bangun sukses!

 


;

Jangan sampai kelewatan tips & trick dan kabar promo dari kami

Branding Kit Sebagai Usaha untuk Mendatangkan Loyalitas Pelanggan


Tokoandalan.com ~ Sebelum kami membawa anda lebih jauh ke tentang tema bahasan pada artikel tentang branding kit sebagai usaha buat mendatangkan loyalitas pelanggan, kami akan menjelaskan apa itu bran read more

Bila Ada yang Bertanya Branding Dulu atau Marketing Dulu, Jawabannya?


TokoAndalan.com ~ Sebelum anda menuju pembahasan tentang pertanyaan diatas, kami ingin bertanya kepada anda. Pertanyaannya adalah apakah anda pernah mendengar kata Marketing, Selling dan Branding? Secara umu read more

Bagaimana Memiliki Fokus Setajam Pedang dalam Berbinis

Tokoandalan.com ~ Dalam setiap kesempatan, cukup banyak orang yang menanyakan bagaimana cara untuk menjadi seorang pribadi yang dapat focus terhadap satu urusan. Terlebih bisa focus untuk menjalankan bisnisnya h read more