Hubungi kami 6281252251990

Senin - Sabtu 8WIB sampai 18WIB.

Inisiatif TokoAndalan untuk Perluas Layanan Bagi Seluruh Masyarakat Indonesia

Blog

TokoAndalan.com ~ Sejauh ini lebih dari 51 persen penduduk Indonesia telah terhubung internet. Ini artinya jika di total dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa, lebih dari 100 juta telah menggunakan fasilitas internet. Namun, peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia yang sangat signifikan dala 10 tahun terakhir tidak dibarengi dengan peningkatan signifikan dalam kepemilikan rekening bank. Karena jika dilihar dari jumlah total penduduk di Indonesia hanya 36 persennya saja yang  dari seluruh penduduk dewasa yang memiliki rekening bank.

Maka dari itu, perlu banyak terobosan bagi pelaku ecommerce di Indonesia untuk untuk menjaring pembeli, terutama bagi mereka yang masuk dalam golongan yang belum mempunyai rekening tapi ingin membeli produk dalam suatu ecommerce tersebut. Salah satu yang memungkinkan lebih banyak masyarakat Indonesia agar dapat menikmati manfaat bertransaksi online seperti di TokoAndalan tempat konveksi tas terbaik ini adalah dengan menggunakan layanan tokocash, Sehingga bagi orang yang ingin bertransaksi di toko tersebut dapat berjalan mulus khususnya masyarakat Indonesia yang belum memiliki rekening bank.

Hal ini memang perlu di buat karena melihat respon dan antusiasme pengguna internet yang ingin berbelanja online semakin tinggi, bahkan termasuk golongan yang belum mempunyai rekening bank tersebut mempunyai antusiasime dalam mencoba berbelanja online. TokoAndalan sangat berharap bahwa seluruh rakyat Indonesia yang ingin berbalanja online dapat terakomodasi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk di luar platform TokoAndalan itu sendiri.

Bagi kami sendiri, selaku pengrajin tas yang terus berkembang di tanah air hal penting apa yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan selain dari membranding diri juga adalah dengan meningkatkan layanan pelanggan. Karena kami sadar betul bahwa tak peduli betapa besar nama produk kami dimata masyarakat karena memang menggunakan bahan terbaik dalam pembuatan produk atau sebaik apapun staf yang kami miliki, satu hal yang paling diingat pelanggan adalah interaksi langsung kami dengan perusahaan Anda sebagai pelanggan kami.

Bagi kami, tim layanan pelanggan menjadi wajah dari perusahaan Shoba Collection itu sendiri, dan pengalaman pelanggan akan ditentukan oleh kualitas customer support yang mereka terima. Memang perusahaan yang kuat akan memiliki relasi pelanggan yang baik. Tapi perusahaan yang cerdas akan selalu bertanya, seperti apa pelayanan pelanggan yang baik? Bila Anda belum mulai mencari cara untuk meningkatkan layanan pelanggan, maka hubungan Anda dengan pelanggan tidak akan mengalami kemajuan. Hal itulah yang selalu kami omongkan berulang-ulang tatkala meeting bersama tiem TokoAndalan.

Nah, bagi yang juga ingin mengetahui inisiatif hal apa yang telah dan akan dilakukan oleh TokoAndalan untuk memperluas layananan yang dapat kami lakukan bagi seluruh rakyat Indonesia yang ingin mencoba merasakan berbelanja di kami, berikut akan kami ulas untuk anda ketahui.

Pertama-tama, yang penting bagi kami adalah bahwa memastikan tim layanan pelanggan  memiliki kemampuan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Karena bila tidak yakin terhadap staff memiliki customer service skill yang baik, dari bagian manager akan melakukan survey atau wawancara ke pelanggan untuk mengetahui apakah tim kami sudah sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh pelanggan. Karena perlu anda ketahui bahwa pengalaman pelanggan yang buruk di bagian manapun bisa merusak hubungan bisnis dan bahkan kerusakannya hingga ke akar dari perusahaan itu sendiri. Selain memastikan skill yang tepat telah didemonstrasikan, kami perlu pastikan staf layanan pelanggan menerapakannya secara konsisten.

Disamping itu, memang meskipun sudah bersikap proaktif, kami menyadari bahwa tidak akan bisa mengetahui masalah tiap pelanggan. Untuk memastikannya dan dapat mengetahui pengalaman baik atau buruk yang dimiliki pelanggan, maka kami kedepannya akan menciptakan cara mudah bagi pelanggan untuk memberi feedback. Bisa berupa survey di akhir layanan telepon, survey email yang dikirim secara langsung dari tool CRM Anda, atau formulir di halaman “Contact Us” dari web TokoAndalan ini sendiri.

Karena semua ini menjadi sarana bagi pelanggan untuk lebih mudah memberi feedback agar kami tahu apa saja yang perlu ditingkatkan. Ini juga membuat pelanggan yang tidak senang tidak menyuarakan rasa tidak senang mereka di tempat yang mudah dilihat seperti halaman media sosial. Untuk itu, nantinya apapun sarana yang kami pilih, satu hal yang perlu diingat, feedback jadi hal penting untuk kepuasan pelanggan. Memang, saat ini kami masih belum bisa menjangkau pelanggan kami 24 penuh disetiap harinya. Namun, jika kedepannya ecommerce TokoAndalan ini terus menunjukkan perkembangnya, kami akan memberikan fasilitas layanan pelanggan via telepon 24 jam. Tak ada yang lebih buruk selain menghubungi nomor telepon layanan pelanggan, karena Anda sangat membutuhkan bantuan, hanya untuk mendengar rekaman dari mesin yang memberitahu untuk menelepon kembali pada jam kerja normal.

Dilain sisi, hal yang bisa terus kami berikan bagi pelanggan dalam menjalankan bisnis dari lokasi yang tidak dikenal atau hanya melalui internet, ini akan membuat semakin tidak dikenal. Kondisi ini memang biasa terjadi saat ini, maka dari itulah menambahkan alamat di kartu bisnis kami akan membuat pelanggan merasa tenang karena mereka tahu kami tidak akan menghilang. Karena hingga saat ini TokoAndalan merasa tidak perlu menyewa ruang kantor karena belum benar-benar membutuhkannya, cukup langsung terangkan dimana kami beroperasi dan pertimbangan cara untuk menghubungi pelanggan selain melalui email. Informasi personal tentang seseorang bisa mengurangi masalah kepercayaan dan keamanan.

Dan hingga saat ini, TokoAndalan masih terus berusaha dan berbenah dalam meningkatkan interaksi dengan pelanggan kami yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia ini. Kami terus melatih skill staff untuk bisa mendengarkan berbagai keluhan agar pelanggan merasa didengar. Termasuk diantaranya adalah mengklarifikasi dan mengulangi apa yang pelanggan katakan untuk memastikan kami memahamai mereka. Bagi TokoAndalan, bersikap empati dan refleksikan perasaan mereka dengan mengatakan, “Saya bisa mengerti kenapa Anda merasa jengkel.” Sehingga sekalipun kadang bukan kesalahan dari kami, namun karena rasa tanggung jawab yang tinggi dan tidak ingin putus begitu saja, seringkali mengakui kesalahan ada pada kami sendiri.

Hal yang akan kami ciptakan bagi pelanggan untuk kedepannya adalah komunitas. Karena hal bisa jadi bagi pelanggan akan merasa lebih dihargai bila memperlakukan mereka sebagai anggota komunitas yang penting. Maka dari itu, kami bisa mengikut-sertakan pelanggan dengan berbagai cara, termasuk interaksi di website, media sosial, trade show, dan konvensi. Dan yang tidak ketinggal yang sudah menjadi misi kami kedeannya adalah bahwa tidak lupa ketika pelanggan datang ke forum-forum kami tersebut untuk belajar dari kami, dan sebaliknya TokoAndalan juga bisa belajar dari pelanggan kami kelak.

Hingga saat ini, hal yang belum ada di TokoAndalan adalah panawaran VIP, karena untuk ini, kami merasa perlu membuat SOP terkait ini. Namun, secara umum kami sudah membiasakan memberikan diskon bagi pelanggan yang loyal dalam memesan produk di TokoAndalan. Selain tawaran diskon yang jauh lebih miring dari pelanggan biasa, kami dari TokoAndalan juga menawaran gratis dalam ongkos kirim. Hal ini dilakukan karena kami sadar betul bahwa sering kali pelanggan yang datang dari luar Jawa merasakan mahalnya ongkos kirim. Ongkos kirim yang mahal dikeluhkan oleh sebagian pelanggan memang umumnya mereka membeli barang di TokoAndalan dalam jumlah yang banyak.

Bila anda memperhatian website TokoAndalan, disitu kami telah memberikan layanan pelanggan untuk live chat. Fasilitas ini kami berikan bagi pelanggan dan juga calon pelanggan supaya memungkinkan kami berada tepat dimana pelanggan membutuhkan kami saat itu juga. Terlebih lagi, live chat mengurangi hambatan untuk menghubungi customer support karena mudah dan cepat. Pelanggan hanya perlu mengetik pesan pada layar, tanpa mencari alamat email atau menelepon, sehingga pelanggan mendapat bantuan yang dibutuhkan dengan cepat.

Selain itu, inisiatif TokoAndalan untuk perluas layanan bagi seluruh masyarakat Indonesia sekarang dan kedepannya adalah meningkatkan kesabaran bagi kami dan juga para staff dan pengrajin yang tergabung di manajemen TokoAndalan. Karena kami sadar bahwa memang kesabaran tidak hanya penting bagi pelanggan, yang sering menghubungi customer support ketika mereka bingung dan frustasi, tapi kesabaran juga penting untuk bisnis secara luas. Memang, layanan yang baik mengalahkan layanan yang cepat. Tapi kesabaran tidak bisa dijadikan alasan untuk memberikan layanan yang lamban. Sehingga setiap kali menghadapi pelanggan dalam rutinitasnya, kami memastikan untuk tetap sabar ketika mereka datang pada kamia dalam kondisi emosi tanpa mengesampingkan untuk mencari tahu apa sebenarnya yang mereka inginkan.

Maka dari itu, untuk menunjang hal diatas, TokoAndalan berusahan memastikan mengetahui masalah yang dihadapi dengan cepat, karena umumnya pelanggan tidak butuh cerita tentang kami atau mendengar tentang hari-hari yang kami lewati. Melainkan hal yang lebih penting bagi mereka adalah mendapat perhatian dari kami. Untuk seluruh staff kami biasanya memastikan bahasa persuasi yang dilakukan sudah standard SOP atau belum.

Tidak lupa juga yang tidak kalah penting dari itu semua adalah para staff kami yang bagian bersinggungan langsung dengan pelanggan akan kami berikan pengetahuan yang mendalam terkait produk-produk yang kami pasarkan di ecommerce ini. Karena berbagai keluhan dan konsultasi dari berbagai pelangga tidak bisa di prediksi akan seperti apa dan bagaimana sehingga bagi TokoAndalan, pengetahuan detil terkait produk yang jual wajib hukumnya bagi para staff kami yang langsug bersinggungan dengan pelanggan tersebut. Dapat dibayangkan bahwa tanpa mengetahui detail produk dari depan ke belakang, Staff TokoAndalan tidak akan tahu bagaimana membantu pelanggan ketika mereka mengalami masalah.

Dan yang terakhir adalah berusaha sekuat mungkin untuk menguasai dan menerapkan manajemen waktu sesuai dengan SOP yang kami buat untuk para staff dalam melayani pelanggan. TokoAndalan mempunyai batasan waktu harus memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cara yang efisien. Triknya adalah bila TokoAndalan menyadari tidak bisa membantu pelanggan, kami akan secara tegas menolak keinginan pelanggan diawal negosiasi dalam pembuatan produk yang dinginkan oleh pelanggan tersebut. Hal ini lah yang berusaha diterapkan oleh TokoAndalan sebagai Inisiatif TokoAndalan untuk Perluas Layanan Bagi Seluruh Masyarakat Indonesia. Kedepannya, anda akan menemukan berbagai macam kebutuhan TokAndalan ini, karena hingga saat ini memang kami masih terus mewujudkan kepuasan anda dalam mengenal dan berbelanja di Ecommerce Andalan Berbalanja ini.

 

 


Comments

;

Jangan sampai kelewatan tips & trick dan kabar promo dari kami

Bagaimana Memiliki Fokus Setajam Pedang dalam Berbinis

Tokoandalan.com ~ Dalam setiap kesempatan, cukup banyak orang yang menanyakan bagaimana cara untuk menjadi seorang pribadi yang dapat focus terhadap satu urusan. Terlebih bisa focus untuk menjalankan bisnisnya h read more

Apakah Facebook masih Menjadi Sarana yang baik Untuk Berdagang?

TokoAndalan.com ~ Kami yakin, pastinya dari anda sudah mengetahui bahwa Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan read more

Panduan Pemilihan Nama Brand Bisnis

Tokoandalan.com ~ Bagi sebagian orang yang sudah menjadi pakar, untuk merancang identitas merek bisnis adalah proses yang menyenangkan dan mendatangkan imajinasi yang tinggi serta kreatifitas terbaik. Namun, tek read more