Hubungi kami 6281252251990

Senin - Sabtu 8WIB sampai 18WIB.

Bangun Tidur Jangan Minum Kopi, Ini Waktu yang Tepat!

Blog

TokoAndalan.com ~ Jaman sekarang nama kope memang sedang naik daun, hal ini karena banyaknya industry yang mengiklankan berbagai varian kopi di media massa. Hingga akhirnya saat ini minum kopi merupakan salah satu aktivitas yang biasa dilakukan setiap hari. Umumnya, Sebagian besar orang Indonesia minum kopi pada pagi hari dengan ditemani sarapan, tepat setelah bangun tidur maupun sebelum berangkat kerja. Karena hal ini bagi mereka dianggap bisa membuat tubuh terasa segar dan menghilangkan kantuk. Setidaknya itu adalah pendapat mereka yang melakukan rutinintas minum kopi disetiap harinya.

Padahal, tahukah anda bahwa sesungguhnya kebiasaan meminum kopi dengan cara diatas adalah keliru dan salah. Karena menurut ahli gizi, minum kopi tidak lam setelah bangun tidur itu tidak baik. Mungkin anda lantas bertanya, kapankah waktu mengonsumsi minuman kopi yang tepat? Serta kenapa anda tidak meminum sewaktu baru bangun tidur? Simak alasannya berikut ini yang telah di rangkum oleh crew TokoAndalan.

Hal yang pertama-tama yang perlu anda ketahui adalah bahwa mengonsumsi minuman kopi setelah bangun tidur adalah sebuah kebiasaan buruk. Penyebabnya adalah karena sewaktu barusan bangun dari tidur, hormon kortisol dalam tubuh kita sedang memuncak. Perlu anda ketahui bahwa hormon kortisol berperan dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein dalam tubuh untuk menyediakan energi. Sedangkan kandungan kafein dalam kopi memengaruhi produksi kortisol tubuh. Sehingga jika anda meminum kopi setelah bangun tidur, maka tubuh anda akan memproduksi kortisol lebih sedikit dari biasanya.

Memang bagi pecinta kopi, melewatkan satu hari tanpa kopi bisa membuat hidup mereka serasa tak lengkap. Karena bagi mereka golongan ini kopi menyimpan banyak manfaat bagi tubuh mereka untuk terus beraktifitas. Serta mereka umumnya tidak mengetahui bahwa kope juga sebenarnya mempunyai sisi negatif yang sesungguhnya sangat perlu diperhatikan dari mengonsumsi kopi. Memang kopi bisa mencegah diabetes, memberi asupan antioksidan, meningkatkan energi, menurunkan risiko kanker lever, mulut, dan kulit. Di sisi lain, kopi juga mengandung kafein yang perlu diperhatikan kadarnya.

Sehingga seperti yang kami sebutkan diatas hingga saat ini kopi telah menjadi minuman primadona masyarakat Indonesia. Selain dipercaya meningkatkan produktivitas, kopi juga banyak memiliki manfaat kesehatan lainnya. Minum kopi setelah bagun tidur di pagi hari telah menjadi gaya hidup tersendiri. Sayangnya, ternyata ini bangun tidur ternyata bukanlah waktu yang tepat untuk menikmati kopi. Para ilmuwan yang telah membuktikan dalil tersebut. Menurut mereka, bangun tidur di pagi hari bukan saat yang tepat untuk secangkir kopi karena produksi kortisol tubuh berada pada kuantitas puncak.

Kita cenderung menganggap kortisol sebagai "hormon stres" karena disekresikan dalam jumlah yang lebih tinggi saat kita berada dalam tekanan. Namun, kortisol juga merupakan 'hormon kewaspadaan' karena saat tubuh merasa tertekan, secara otomatis kewaspadaan akan meningkat. Menurut ahli chronopharmacologists, mengonsumsi kafein saat tubuh berada dalam kondisi kortisol tinggi akan membuat produksi kortisol menurun. Ini yang menyebabkan manfaat kafein tidak akan terasa sekaligus, melawan kortisol yang ada. Parahnya lagi, keadaan ini akan mengembangkan toleransi terhadap kopi, atau malah membuat kita kecanduan kafein.

Lalu kapan saat yang tepat untuk memimum kopi sehingga mendatangkan manfaat buat kesehatan tubuh? Menurut ahli gizi, waktu yang paling baik untuk mengonsumsi kopi adalah pada pertengahan pagi yaitu sekitar jam 10 sampai 12 siang, karena pada waktu inilah hormon kortisol dalam tubuh sedang menurun. Lalu kalau bisa, sudahi minum kopi sebelum makan siang. Masih menurut ahli gizi, batas maksimal untuk mengonsumsi kopi adalah pada jam 2 siang atau enam jam sebelum tidur di malam hari. Alasannya, agar kita bisa mendapatkan istirahat malam yang lebih berkualitas. Jadi, bila anda merupakan orang yang sulit mengantuk di malam hari, mungkin ini salah satu alasannya.

Tidak bisa dipungkiri, gaya hidup orang Indonesia banyak yang salah terlebih khusus bagi pecinta kopi tersebut. Hal ini bisa dilihat dari banyak orang Indonesia yang meminum kopi pada malam hari. Lalu apakah itu baik? Jawabannya adalah tidak. Kafein dalam kopi akan mempengaruhi adrenalin, sehingga dapat mencegah kantuk. Di satu sisi, tubuh butuh tidur untuk memulihkan sel-sel dalam tubuh. Minumlah kopi jika dalam keadaan tertentu yang membutuhkan semangat di malam hari. Itulah alasan mengapa kita sebaiknya tidak meminum kopi saat baru bangun tidur. Ingat baik-baik jam yang tepat untuk minum kopi dan biasakan mulai dari sekarang!

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat optimal dari kopi di pagi hari, jangan langsung minum kopi setelah bangun tidur. Tunggu beberapa jam setelah bangun tidur. Misalkan jika Anda bangun pukul 7 pagi. Maka sebaiknya minum kopi pukul 08.30. Mengapa demikian? Jika Anda mengonsumsi kopi langsung di pagi hari setelah bangun tidur, tubuh akan mendapatkan asupan energi yang sia-sia, karena sebenarnya tubuh tidak membutuhkannya. Jika Anda menunggu hingga satu setengah jam kemudian, waktunya akan tepat dengan energi alami tubuh yang mulai menurun. Karena hal ini sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang, tak tercuali sebagian crew Konveksi Tas, maka dari itu kiranya perlu bagi kami untuk memberikan informasi hal-hal apa saja yang terjadi pada kita tatkala kita membiasakan minum kopi diluar ketentuan yang telah sampaikan para ahli. Adapun beberapa akibat minum kopi yang berlebihan, terlebih minum kopi saat baru bangun tidur adalah:

1.     Asam Lambung Naik.

Betul bahwa asam lambung memiliki peran penting dalam mendukung kelancaran pencernaan makanan-makanan yang masuk kedalam tubuh kita, dan ini diproduksi ketika Anda makan, mencium aroma makanan, atau bahkan saat sedang memikirkan makanan. Di lain sisi asam lambung yang terdapat dalam tubuh kita adalah cairan bersifat korosif kuat yang jika dibiarkan menggenang terus menerus dalam lambung tanpa ada makanan apapun untuk diolah, dapat merusak lapisan lambung setelah paparan berulang. Kopi, bahkan kopi dekafein (decaf) sekalipun, telah terbukti untuk merangsang produksi asam. Oleh karena itu, minum kopi saat perut kosong meningkatkan keasaman perut, yang kemudian akan menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari. Jika hal ini terus dibiarkan berlanjut dan kebiasaan meminum kopi masih terus kita buat sebagai rutinitas dipagi hari saat baru bangun tidur, bukan tidak mungkin kita akan terbaring dirumah sakit.

2.     Menekan Produksi Hormon Kortisol.

Seperti yang telah kami ulas diatas bahwa minum kopi saat perut kosong di pagi hari dapat mengganggu produksi kortisol, komponen penting dari jam sirkadian, alarm alami tubuh yang membantu kita bangun di pagi hari dan membuat kita mengantuk di malam hari. Di pagi hari, otak melepaskan begitu banyak produksi kortisol untuk membangunkan kita. Ketika Anda langsung minum kopi setelah bangun tidur, ini menyebabkan produksi kortisol menurun dan tubuh jadi lebih bergantung pada kafein untuk bikin melek. Sehingga lama kelamaan, ketergantungan tubuh akan kafein justru menyebabkan tubuh menjadi kebal terhadap efek kafein — yang kemudian membuat mereka terjebak dalam lingkaran setan usaha sia-sia konsumsi kopi di pagi hari demi membangunkan tubuh. Sebagaimana dinyatakan di atas, minum kopi saat perut kosong di pagi hari bukanlah hal yang baik. Namun memang, rasanya sulit untuk menyingkirkan kebiasaan ini. Bagaimana jika Anda masih ingin secangkir kopi di pagi hari dengan resiko yang disampaikan diatas?

3.     Bikin Anda Mudah Stres Dan Cemas.

Pada umumnya, minum kopi dapat menimbulkan kegelisahan bagi peminumnya, disamping itu kemungkinan stress juga akan tinggi serta juga termasuk perubahan suasana hati. Selain itu, tingkat serotonin — hormon pemicu rasa tenang dan bahagia — yang diproduksi otak pada dasarnya rendah sepanjang pagi hari. Ketika Anda minum kopi saat perut kosong di pagi hari, efek negatif ini dipercaya dapat lebih memburuk. Kafein merangsang sistem saraf Anda, yang berarti terlalu banyak kopi dapat mempercepat denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah. Dengan demikian, Anda lebih mudah merasa cemas dan stres. Selain itu, kafein dapat membuat Anda bolak-balik ke kamar mandi sehingga berpotensi memicu gejala dehidrasi, yang bisa menguras energi dan menyebabkan sakit kepala. Sebaliknya, makanan diketahui memiliki efek menenangkan pada pencernaan dan sistem saraf. Oleh karena itu, makan sambil minum kopi dapat membantu menurunkan efek pemicu stres yang dibawa oleh kopi.

Lantas bagaimana cara meminum kopi bagi kebanyakan orang yang sudah menjadikan sebagai rutinitas hariannya? Karena memang tidak bisa dipungkiri bagi kebanyakan orang, kopi adalah bagian vital dari ritual harian dan hal pertama yang mereka pikirkan di pagi hari. Banyak juga yang bilang bahwa memulai hari tanpa ngopi dulu bisa mengubah mereka menjadi monster galak dan menjengkelkan.

Untuk itu, jika Anda ingin tetap mendapatkan dosis kafein harian Anda tanpa harus berhadapan dengan perut mulas, para pakar menyarankan untuk minum kopi setelah makan makanan padat seperti setelah sarapan nasi, sarapan bakso dan bisa juga setelah sarapan roti dan yang lain sebagainya. Minum secangkir air hangat begitu bangun tidur, dan kemudian lahap sarapan Anda sebelum akhirnya bisa menyeruput kopi favorit Anda.

Dan jika memang sebelumnya sarapan bukanlah solusi yang baik untuk Anda biasakan secepatnya apalagi dalam saat ini, tambahkan susu atau sesendok mentega ke dalam kopi hitam Anda untuk membantu tubuh Anda mendapatkan asupan vitamin dan nutrisi lainnya, sehingga dapat mengurangi efek buruk dari kafein pada perut kosong. Inilah pembahasa artikel tentang meminum kopi sebelum tidur tidaklah baik bagi kesehatan tubuh.

Memang, kami juga menyadari bahwa hingga saat ini pengrajin kami di Konveksi tas tokoandalan masih sangat sering membiasakan ini, terlebih jika dimalam hari ada kegiatan lemburan yang mengharuskan deadline secepatnya. Sehingga sebagai pelarian buat para pengrajin kami untuk menemani mereka dalam memproduksi tas pesanan klien di kala malam hari. Biasanya kami memberikan solusi lain, yakni memperbanyak meminum air putih bagi para pengrajin tersebut. Tujuannya adalah supaya ada yang mentralisir kafein kopi yang telah banyak masuk kedalam tubuh. Tapi jika anda masih bisa mengusahakan kebiasaan baik dalam meminum kopi ini, sebaiknya mulailah, karena sehat itu memang mahal dan butuh pengorbanan.


Comments

;

Jangan sampai kelewatan tips & trick dan kabar promo dari kami

Bagaimana Memiliki Fokus Setajam Pedang dalam Berbinis

Tokoandalan.com ~ Dalam setiap kesempatan, cukup banyak orang yang menanyakan bagaimana cara untuk menjadi seorang pribadi yang dapat focus terhadap satu urusan. Terlebih bisa focus untuk menjalankan bisnisnya h read more

Apakah Facebook masih Menjadi Sarana yang baik Untuk Berdagang?

TokoAndalan.com ~ Kami yakin, pastinya dari anda sudah mengetahui bahwa Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan read more

Panduan Pemilihan Nama Brand Bisnis

Tokoandalan.com ~ Bagi sebagian orang yang sudah menjadi pakar, untuk merancang identitas merek bisnis adalah proses yang menyenangkan dan mendatangkan imajinasi yang tinggi serta kreatifitas terbaik. Namun, tek read more